Pages

Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 24 Desember 2010

Tugas 3 bahasa indonesia

CONTOH POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF

Paragraf yaitu merupakan sebuah kesatuan pikiran yang mengungkapkan ide pokok dalam bentuk rangkaian kalimat yang berkaitan dengan bentuk (kohesi) dan makna (koherensi). Berikut ini contoh berserta macam pola paragraph yang kita ketahui yang merupakan pola pengembangan paragraf :

1. Pola paragraf definisi yaitu merupakan sebuah penjelasan sesuatu itu dengan jelas. Pola paragraf definisi menggunakan sebuah konjungsi (adalah, ialah, yaitu) yang ditertera pada paragraf agar lebih mudah dimengerti.

Contoh pola pengembangan paragraf definisi:

Apakah itu jaringan computer? Jaringan computer adalah sekelompok komputer yang terdiri atas dua buah unit computer atau lebih yang saling terhubung dan dapat tukar-menukar (sharing) dan berbagai program maupun data atau satu sama lain. Baberapa akses yang dapat dilakukan melalui sharing yaitu hard disk, floppy disk drive, CD-ROM, dan printer. Contohnya apabila anda memesukan disket ke dalam floppy disk drive ke dalam computer A, anda dapat membuka data dalam disket tersebut di dalam computer D dan begitu juga sebaliknya.

2. Paragraf spasial yaitu paragraf yang penulisannya yang menceritakan suatu yang berhubungan dengan tempat tertentu dan menggambarkannya.

Contoh pengembangan paragraf spasial:

I-phone adalah termasuk handphone tercanggih saat ini, i-phone tersebut menggabungkan telepon, MP3 player, video player, games, GPS system, serta internet browser yang berkecepatan tinggi. Kini fungsi i-phone touch bertambah lagi menjadi alat untuk menganalisa kondisi mobil. Dengan tambahan aplikasi yang bernama rev, yang di tawarkan seharga $ 40 ini, kita bisa mengukur akselarasi dengan menambahkan accelerometer, dan menujukan peta jalan yang sudah di tempuh lewat fitur GPS track. Pengemudi bisa menampilkan data itu langsung mendapatkan informasi secara realtime atau menympannya untuk di analisis kemudian.

3. Paragraf proses merupakan termasuk jenis paragraf yang deskriptif. Paragraf proses yaitu paragraf yang menjelaskan atau menginformasikan suatu proses terjadinya atau proses bekerjanya sesuai urutan langkah.

Contoh pola pengembangan paragraph proses:

Untuk menggunakan oven, pastikan suhu dan api kemudian fungsi lainnya dalam keadaan baik. Untuk mendapatkan hasil cake yang baik, panaskan oven terlebih dahulu. Pemanasan oven terlebih dahulu berguna untuk membentuk lapisan atas adonan cake yang berfungsi untuk menahan gelembung-gelembung udara adonan mengembang yang baik. Untuk kue kering menggunakan dengan suhu 165 derajat celcius sedangkan cake menggunakan dengan suhu 180 derajat celcius.

4. Paragraf Klasifikasi yaitu merupakan suatu pengembangan paragraph melalui pembentukan kelompok yang berdasarkan atas sifat-sifat tertentu. Kata atau ungkapan umumnya digunakan yaitu dibagi menjadi, digolongkan menjadi, terbagi menjadi, dan mengklasifikasikan.

Contoh pola pengembangan paragraph klasifikasi:

Mercedes benz adalah mobil mewah yang berkelas dan berkharisma bagi pemakainya, oleh sebab itu Mercedes benz yang biasa orang sebut itu mercy, mempunyai tipe atau kelas-kelas sesuai dengan kebutuhan pengguna,dari C-class, E-class, S-class, SLS-class yang fiturnya yang sangat luxurious yang tipe sedan, kemudian GL-class dan ML-class yang tipe SUV. Dari harga yang 400 jutaan sampai dengan yang 4,5 milyar pun ada, dari yang 2000 cc sampai dengan 6000cc pun di adopsi dari dapur pacu si mobil yang berkelas ini. Interiornya yang sangat mewah dan berkelas mempunyai rasa gengsi tinggi dan tergantung si pemakai yang akan membelinya dan harganya pun termasuk tidak murah. Tidak hanya mobil baru saja bahkan mobil classicnya pun di buru oleh para collector untuk di koleksi dan kadang-kadang harga mobil classicnya pun tidak kalah mahalnya dari mobil yang baru.

5. Paragraf kausal yaitu atau yang pada umumnya disebut pola kausal, dapat dinyatakan dengan menggunakan sebab-akibat suatu peristiwa. Dalam hal ini sebab dapat menjadi gagasan utama, sedangkan akibat dapat menjadi perincian pengembangannya, ataupun sebaliknya.

Contoh pola pengembangan paragraph kausal atau sebab akibat:

Pemanasan global merupakan ketidak perdulian manusia terhadap lingkungan,penebangan hutan secara liar, dan banyaknya rumah kaca dan populasi kendaraan yang terus meningkat. banyak dampak dari pemanasan global tersebut yaitu mencairnya es di kutub, perubahan cuaca secara extrim sehingga mengakibatkan dampak yang buruk untuk kehidupan manusia yang akan datang. Maka jagalah bumi ini untuk anak cucu kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar