Pages

Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 24 Desember 2010

SISTEM OPERASI

System operasi merupakan perangkat lunak yang sangat penting dalam computer. Tugas dari system operasi, yaitu sebagai pengatur kerja dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Anda dapat membayangkan system operasi sebagai polisi lalu lintas yang mengaturjalannya kendaraan dari berbagai arah sehingga tidak terjadi kemacetan. Dengan adanya system operasi, dapat di tentukan lokasi dalam penggunaan memori dalam computer oleh berbagai program yang sudah berjalan sehingga program tersebut dapat dijalankan secara bersama-sama.

Terdapat banyak programa system operasi, system operasi yang paling popular adalah system operasi windows yang di keluarkan oleh perusahaan Microsoft. Peran system operasi dalam computer yaitu mengatur dan mengendalikan serta memberikan kemudahan kepada user dalam menggunakan computer. Perangkat keras yang berbeda, di buat oleh pabrik yang berbeda sehingga mempunyai ciri dan pengoprasian yang berbeda-beda pula. Hal ini mengakibatkan kesulitan bagi seseorang yang membuat perangkat lunak guna mengaktifkan perangkat keras tersebut, untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatlah suatu perangkat yang di sebut system operasi.

Contoh dalam system operasi tersebut Ms DOS, Microsoft windows, dan linux. Satu computer dapat menggunakan satu atau lebih dalam system operasi, misalnya dalam satu computer terdapat system operasi linux dan windows sehingga pengguna dapat bebas memilih system operasi mana yang akan dipakai.

Selain system operasi, terdapat juga perangkat lunak lain yang juga berguna untuk mengatur dana mengendalaikan perangkat keras, perangkat lunak tersebut yaitu BIOS (basic input/output system). BIOS bekerja pada saat proses booting, sedangkan OS bekerja sesudah proses booting.

System operasi berskala besar biasanya di gunakan di perkantoran, universitas, dan pemerintahan. Dengan berskala besar, banyak orang dapat menggunakan computer tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar