Pages

Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 27 Februari 2011

Perangkat Utama Mesin Model Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak dan perangkat keras.

Perangkat keras

  • Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
  • RAM, tempat menyimpan data sementara
  • harddrive, media penyimpanan semi permanen
  • Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard dan tablet
  • Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.

Perangkat lunak

System operasi

Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah windows, linux dan MAC-OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi, input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

Program computer

Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

Processing Unit (Unit Pemrosesan)

CPU (Central Prossesing Unit)

CPU berfungsi seperti kalkulator. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

-ALU (Arithmatic Logic Unit)

ALU unit yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

-Input/Output (I/O)

adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]).

Sumber: www.wikipedia.com

10 komentar:

  1. HoRReee PeRtamaXxX. . .

    sangat bermanfaat sekali info dari bapak 2 orang anak ini. . .
    mungkin bila ditambahkan gambar saya akan lebih enak dalam membacanya. . .
    tetapi seginipun sudah dapat dikate GORI kan baik. . .

    LANJUTKAN. . .

    BalasHapus
  2. Iah dah...

    siapa tau dapat informasi yang bermanfaat bagi yang membaca...

    BalasHapus
  3. mas abdel..
    kalau chipset di komputer itu untuk apa yaa?

    BalasHapus
  4. wah lumayan lengkap nih infonya..
    definisi perangkat kerasnya diperjelas donk..
    trim's

    BalasHapus
  5. Asik buat nambah pengetahuan lagi neh....
    Klo ada gambar'y lebih mantap tuh gan!!!!

    BalasHapus
  6. Thx buat infonya sob, lumayan buat nambah pengetahuan neh, lanjutkan :)

    BalasHapus
  7. ijin nyimak gan...!! bagus jga artikel'y..!!!

    BalasHapus
  8. sip,,bagus kawan artikelnya..

    BalasHapus
  9. siap,bagus dah tulisannya..lanjutkan mon...

    BalasHapus