Pages

Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 12 April 2010

Model-model Sistem Interaksi

Model-model Sistem Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).

Bidang Ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Sebenarnya tanpa kita sadari penggunaan keyboard ataupun mouse merupakan suatu interaksi manusia dengan computer yang dapat ditampilkan melalui layer monitor. Selain itu contoh penerapannya terdapat pada bidang bisnis yaitu Suatu perusahaan software membuat produk baru yang lebih memudahkan user dalam memenuhi kebutuhan dibangkan dengan produk sebelumnya.

IMK meliputi ergonomi dan faktor manusia.

Ergonomi <——- UK

Faktor manusia <——- USA

Secara tradisional, ergonomi memfokuskan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan melihat unjuk kerja (performance) dari user.

Faktor manusia merupakan studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas.

IMK dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan :

* Desain
* Implementasi
* Evaluasi

User : yang terlibat dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan teknologi

Komputer : teknologi, dari desktop sampai sistem komputer besar, baik dari sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini mencakup yang non komputer, maupun orang lain.

Interaksi : komunikasi user dan komputer, dibedakan 2 (dua) yaitu :

* Langsung : dialog dengan feedback dan kontrol dari performance tugas
* Tidak langsung : proses background dan batch.

Yang terlibat dalam IMK adalah :

* Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah
* Ergonomi : kemampuan fisik user
* Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
* Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
* Bisnis : pemasaran
* Desain grafis : presentasi interface
* Dan lain-lain.

IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian.

* Lingustik
* philosofi
* antropologi
* seni
* Ilmu Komputer
* Matematika
* Psikologi
* Seni Grafik
* Sosiologi
* AI

THE HUMAN (MANUSIA = USER)

* Terbatas dalam kapasitas memproses informasi

Implikasinya untuk desain.

* Informasi pada manusia
* diterima dan direspon melalui saluran (channel) Input/ Output.
* Disimpan di memori
* Diproses dan diaplikasikan.

KOMPUTER

* Terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user.
* Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, gambar, dan memilih obyek pada layar.
* Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
* Output dan input dalam bentuk kertas.
* Memori
* Proses

INTERAKSI

* Model interaksi membantu untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.
* Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi.
* Dialog antara user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi.
* Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.

Human Computer Interaction (HCI = IMK) merupakan studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas / task.

* User friendly
* Mudah digunakan (easy to use)
* Masih terjadi error
* User yang mahir dalam menggunakan komputer
* Option-option dalam word processing, seperti
* Dan lain-lain

User interface mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. User interface tidak cukup hanya berpenampilan ‘bagus’ tetapi harus dapat mendukung tugas yang dilakukan manusia dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar